Kumpulan Cerita Mitos Seram Museum Organ Tubuh

0

Kumpulan Cerita Mitos Seram Museum Organ Tubuh: Kota Paris, Perancis, ternyata tidak hanya punya menara Eiffel. Jika kamu berkunjung ke kota tersebut, coba sempatkanlah untuk datang ke Musee Dupuytren yang menyimpan ribuan replika organ tubuh serta organ tubuh asli yang diawetkan.

Musee Dupuytren berlokasi di dalam komplek Faculty of Medicine, University of Paris, Prancis. Meskipun lekat dengan aspek kedokteran, museum ini diminati wisatawan karena punya koleksi yang menyeramkan. Ada ribuan replika organ tubuh manusia, anatomi tubuh dari kepala sampai kaki manusia yang terbuat dari lilin.

Koleksi museum ini awalnya dimiliki oleh kimiawan asal Prancis yang juga penemu ilmu toksikologi, Mathieu Orfila, di tahun 1835. Ada ribuan replika lilin anatomi tubuh manusia dan peralatan kedokteran lainnya.

Koleksi itu akhirnya disimpan di sebuah biara dan dialihfungsikan sebagai museum, hingga pada 1937 terpaksa tutup karena diabaikan begitu saja. Semua koleksi lilin pun dibiarkan membusuk selama 30 tahun.

Beruntung kemudian Jacques Delarue, Kepala Faculty of Medicine, University of Paris, menghidupkan kembali museum ini pada 1967. Meski koleksinya tak lagi utuh, wisatawan bisa melihat peninggalan alat eksperimen kedokteran peninggalan seabad silam.

Selain ribuan replika organ dari lilin, wisatawan juga bisa melihat otak pasien yang menderita penyakit mematikan yakni Aphasia. Otak itu direndam dalam larutan alkohol oleh seorang ahli anatomi terkenal di dunia. Pengunjung juga bisa melihat koleksi alat eksperimen kedokteran yang digunakan abad ke-17 dan 18, lengkap dengan gambar dan foto-fotonya.

Musee Dupuytren dibuka pada hari Senin-Jumat pukul 14.00-17.00 waktu setempat. Namun di akhir pekan atau Sabtu dan Minggu museum ini tutup karena mengikuti aturan University of Paris. Kamu hanya perlu membayar 5 Euro atau sekitar 60.000 Rupiah untuk berkeliling dan menikmati koleksi Musee Dupuytren.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke museum yang memiliki koleksi menyeramkan ini? Jangan lupa tag teman yang ingin kamu ajak kesana ya.

Share.

About Author

Comments are closed.