Ada Danau Purba di Bawah Candi Borobudur

0

Kumpulan Cerita Mister Ada Danau Purba di Bawah Candi Borobudur:  Candi Borobudur adalah salah satu warisan budaya dunia yang diakui internasional, juga merupakan situs arkeologi Buddha terbesar di dunia menurut Guiness World Record. Namun terlepas dari hal tersebut, Candi Borobudur masih menyimpan misteri tak terpecahkan sampai hari ini.

Salah satunya adalah teori yang diajukan oleh W.O.J Nieuwenkamp, seorang seniman dan pakar arsitektur Hindu Buddha, pada tahun 1931. Mengacu pada legenda Jawa, Nieuwenkamp mengatakan bahwa Dataran Kedu atau titik berdirinya Candi Borobudur dulunya adalah sebuah danau purba, di mana Candi Borobudur adalah perlambangan bunga teratai yang mengapung di atas permukaan danau.

Teori lainnya dari Van Bemmelen, peneliti geologi keturunan Belanda melalui bukunya yang berjudul ‘The Geology of Indonesia’ menuliskan, bahwa bebatuan vulkanik Merapi pada letusannya tahun 1006 silam telah mengubur candi dan danau purba tersebut hingga lenyap. Borobudur sendiri baru ditemukan kembali oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

Di era modern, fakta geologi juga seolah memberi dukungan pada pendapat di atas.

“Di sekitar candi terdapat sumur yang airnya asin. Tapi sumur asin itu tidak ditemukan di semua daerah, hanya di titik tertentu saja.” Tutur Purnomo Siswoprasetjo, Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan ratu Boko.

Share.

About Author

Comments are closed.